Bookmark and Share
PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA
Karya Tulis Ilmiah,  Agustus 2010

Oktaviani Komara
NIM. B.07.038

 

ABSTRAK

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU NIFAS DENGAN PENGETAHUAN TENTANG  BOUNDING ATTACHMENT
 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MAJALENGKA
PERIODE APRIL -  MEI  TAHUN 2010

xv  + 5 Bab + 48  Halaman + 12 Tabel + 1 Diagram + 8 Lampiran

Pengetahuan Bounding Attachment merupakan pengetahuan yang penting bagi ibu nifas. Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) sebagai salah satu indikator bounding attachmentdi RSUD Majalengka didapatkan tingkat pengetahuan ibu nifas sebesar 60% belum mengetahui tentang bounding attachment. Masih rendahnya tingkat pengetahuan tentang bounding attachment dapat disebabkan oleh krakteristik ibu nifas seperti umur, pendidikan dan pekerjaan.
Penelitian ini bertujuan diketahuinya gambaran pengetahuan ibu nifas tentang bounding attachment, karakteristik ibu nifas berdasarkan umur, pendidikan dan pekerjaan, serta diketahuinya hubungan antara umur, pendidikan, pekerjaan dengan pengetahuan ibu nifas tentang bounding attachment di Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka periode April –Mei Tahun 2010.
Metode penelitian yang digunakan adalah analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi sebanyak 158 responden ibu nifas dengan teknik pengambilan total sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian diperoleh pengetahuan ibu nifas tentang bounding attachment (45.6%) kategori kurang, umur (61.4%) kategori muda, pendidikan (70.9%) kategori rendah, pekerjaan (84,8%) kategori tidak bekerja. Ada hubungan antara umur, pendidikan, pekerjaan ibu nifas dengan pengetahuan tentang  bounding attachment di Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka  periode April – Mei tahun 2010 dengan p value < 0.05.
Saran yang diajukan adalah meningkatkan pengetahuan ibu nifas tentang Bounding Attachment melalui upaya penyuluhan, konseling ataupun memberikan informasi pengetahuan tersebut melalui sumber media yang berhubungan dengan Bounding Attachment.

Kata Kunci : Pengetahuan, Bounding attachment, Ibu Nifas
Kepustakaan : 22 sumber (1995 – 2010)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar