asuhan sayang ibu

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

STIKES YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH, SEPTEMBER 2010

LILIS TRIYANTI

ABSTRAK

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN ASUHAN SAYANG IBU PADA PERSALINAN NORMAL DI UPTD PUSKESMAS SEWILAYAH KECAMATAN JATIWANGI KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2010

xiii + 5 bab + 71 halaman + 12 tabel + 2 diagram + 10 lampiran

Asuhan sayang ibu merupakan asuhan persalinan dengan mengikutsertakan suami dan keluarga selama proses persalinan dan kelahiran bayi yang salah satunya dapat mengurangi risiko terjadinya kematian ibu. Bidan yang melakukan asuhan sayang ibu di UPTD Puskesmas Jatiwangi masih rendah hanya 25% dari 17 persalinan dan di Puskesmas Loji hanya 20% dari 15 persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan asuhan sayang ibu pada persalinan normal di UPTD Puskesmas Sewilayah Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka tahun 2010.

Metode penelitian menggunakan metode survey analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 32 bidan dan 32 ibu bersalin dengan total sampling yang diambil dengan teknik purposif sampling non probability. Pengolahan data menggunakan data primer dengan distribusi frekuensi pada analisis univariat, dan uji r korelasi pada teknik analisis bivariat.

Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji r korelasi didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara umur dengan pelaksanaan asuhan sayang ibu (ρ= 0,000), ada hubungan antara pengetahuan dengan pelaksanaan asuhan sayang ibu (ρ= 0,000), ada hubungan antara Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) dengan pelaksanaan asuhan sayang ibu (ρ= 0,000), ada hubungan masa kerja dengan pelaksanaan asuhan sayang ibu (ρ= 0,000).

Saran yang diajukan bagi Institusi Pendidikan agar mengembangkan studi kebidanan secara praktik, bagi Puskesmas agar melakukan pelatihan intensif pada asuhan pertolongan persalinan, bagi masyarakat agar menambah wawasan dan pengetahuan tentang persiapan persalinan, dan kelahiran bayi seperti dukungan suami, keluarga, serta pemberian motivasi selama proses persalinan.

Kata Kunci : Asuhan Sayang Ibu, Persalinan Normal

Kepustakaan : 42 Sumber (1999 – 2009)

Search Google Tags: , ,

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar