pengetahuan inisiasi menyusu dini ibu

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

STIKES YPIB MAJALENGKA

Karya Tulis Ilmiah, Agustus 2010

NENG NITA FITRIANI

ABSTRAK

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL TRIMESTER III DENGAN PENGETAHUAN TENTANG INISIASI MENYUSU DINI

DI UPTD PUSKESMAS BANJARAN KABUPATEN

MAJALENGKA TAHUN 2010

xiv + 5 Bab + 57 Halaman + 12 Tabel + 1 Diagram + 8 Lampiran.

Pengetahuan Inisiasi menyusu dini bagi ibu hamil trimester III merupakan hal yang penting.Inisiasi menyusu dini dapat mengurangi 22% kematian bayi 28 hari, yang berarti inisiasi menyusu dini mengurangi angka kematian balita 8,8%,Di Kabupaten Majalengka pada tahun 2008 jumlah kematian bayi mencapai 20 per 1000 kelahiran hidup (20,4/1000 KH) dan di UPTD Puskesmas Kecamatan Banjaran dengan dengan cakupan angka kematian bayi tahun 2008 sebesar 61 per 1000 kelahiran hidup yang menunjukan pelaksanaan IMD di UPTD Puskesmas kecamatan Banjaran belum optimal.Hal ini salah satunya yang diakibatkan oleh rendahnya pengetahuan ibu hamil trimester III terutama tentang pengetahuan IMD,yaitu sebesar 28,67%.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik ibu hamil trimester III (pendidikan, umur, pekerjaan) dengan pengetahuan tentang inisiasi menyusu dini di UPTD Puskesmas Banjaran Kab. Majalengka tahun 2010.

Metode penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random sampling dengan sampel sebanyak 96 responden.Analisis data dilakukan dengan analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian diperoleh ibu hamil trimester III tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) (51%) dengan tingkat pengetahuan rendah sebesar 51%, dengan pendidikan rendah sebesar 45.8%, dengan kategori tidak bekerja sebesar 41.7%.Ada hubungan antara pendidikan, pekerjaan, umur dengan pengetahuan tentang inisiasi menyusu dini di UPTD Puskesmas Banjaran Kabupaten Majalengka tahun 2010.

Saran yang diajukan adalah melakukan upaya penyuluhan dalam meningkatkan pengetahuan inisiasi menyusu dini terhadap ibu hamil trimester III terutama ibu yang berpengatahuan rendah,berpendidikan rendah,tidak bekerja dan ibu yang berumur muda.

Kepustakaan : 22 sumber (1995 – 2010)

Search Google Tags:

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar