Hubungan status gizi siswa dan faktor lainnya dengan prestasi belajar

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

STIKes YPIB MAJALENGKA

Karya Tulis Ilmiah, Agustus 2010

HILDA SRI PUSPITA SARI

HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN FAKTOR LAINNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAJALENGKA TAHUN 2010

xv + 52 halaman + 11 tabel + 2 diagram + 5 lampiran

ABSTRAK

Status gizi merupakan masalah penting, terutama masalah kesehatan remaja yang berawal pada usia sangat dini. Sehingga gejala infeksi dan malnutrisi ketika anak-anak akan menjadi beban pada usia remaja. Sedangkan pada usia tersebut merupakan masa bagi remaja dalam melakukan pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan faktor lainnya dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Majalengka tahun 2010.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif anlitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil seluruh siswa kelas VIII sebanyak 391 orang dengan sampel minimal sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik sistematis random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian diperoleh prestasi belajar matematika siswa (64.0%) berprestasi tinggi, status gizi (78.0%) kategori baik, status anemia (77.0%) kategori anemia, dan pendapatan orang tua siswa (64.0%) tinggi. Tidak ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar matematika (ρ = 0,296), ada hubungan antara status anemia dengan prestasi belajar matematika (ρ = 0,009), tidak ada hubungan antara pendapatan orang tua dengan prestasi belajar matematika (ρ = 0,0199).

Saran diajukan bagi sekolah untuk menerapkan PHBS, bagi siswa untuk berpartisipasi aktif pada kegiatan ekstrakurikuler kesehatan, bagi institusi pendidikan kesehatan untuk memberdayakan mahasiswa sebagai tutor pembelajaran kesehatan bagi siswa, dan bagi peneliti untuk lebih fokus pada faktor lain yang belum diteliti.

Kata Kunci : Status Gizi, Status Anemia, Pendapatan, Prestasi Belajar Matematika

Kepustakaan : 26 Sumber (1984 – 2009)

Search Google Tags: , , ,

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar