Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA

KARYA TULIS ILMIAH,  SEPTEMBER 2010

CITRA MEILISMAN

 

ABSTRAK


Hubungan antara Pengetahuan dengan Pengisian Partograf Mahasiswa
Tingkat II Semester III Program Studi Diploma III Kebidanan
STIKes YPIB Majalengka Tahun Akademik 2009/2010


xiii  + 5 Bab + 46  Halaman + 5 Tabel + 2 Diagram + 9 Lampiran

Partograf dapat digunakan untuk mendeteksi dini masalah dan penyulit dalam persalinan sehingga dapat sesegera mungkin menatalaksanakan masalah tersebut secara optimal. Pengetahuan dan pengisian partograf bagi mahasiswa kebidanan penting dilakukan untuk melaksanakan asuhan persalinan sesuai standar pelayanan kebidanan. Di Prodi D III Kebidanan STIKes YPIB Majalengka ditemukan sebagian besar 64,5% mahasiswa TK II semester III kurang memiliki pengetahuan tentang partograf  dan rendahnya pengisian partograf yang benar.
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dengan pengisian  partograf mahasiswa tingkat II Semester III Program Studi DIII Kebidanan STIKes YPIB Majalengka tahun Akademik 2009/2010.
Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap sampel 75 mahasiswa kelas II Semester III yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas variabel pengetahuan. Pengolahan data dengan analisis univariat dan bivariat.
Hasil penelitian pengetahuan partograf mahasiswa sebesar 85.7% dengan pengetahuan baik, pengisian partograf sebesar 88.0% dengan pengisian baik, dan ditemukan adanya hubungan antara pengetahuan dengan pelaksanaan partograf mahasiswa (ρ = 0.015).
 Saran yang diajukan adalah agar meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang pengisian partograf meliputi upaya praktek klinik kebidanan secara nyata dan pelatihan APN, serta menambah pengalaman dan wawasan mahasiswa sebagai bekal pengetahuan ketika mereka terjun ke sosial kemasyarakatan.

Kata Kunci    : Pengetahuan Partograf
Kepustakaan : 20 Sumber (1998 – 2009)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar