hipertensi ibu hamil

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN

STIKES YPIB MAJALENGKA

 

KARYA TULIS ILMIAH, OKTOBER 2010

 

ITA SUSILOWATI

ABSTRAK

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HIPERTENSI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS JATIWANGI KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2009

xiv + 5 bab + 60 halaman + 12 tabel + 3 diagram + 5 lampiran

Hipertensi pada ibu hamil merupakan peningkatan tekanan darah yang menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Faktor-faktor yang menyebabkan hipertensi pada ibu hamil diantaranya faktor umur, paritas, dan riwayat persalinan yang lalu. Di wilayah kerja UPTD Puskesmas Jatiwangi cakupan ibu hamil sebanyak 365 orang diantaranya mengalami hipertensi sebesar 9,6%. Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan hipertensi terhadap ibu hamil di wilayah kerja UPTD Puskesmas Jatiwangi Kabupaten Majalengka tahun 2009.

Metode penelitian menggunakan metode analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 365 ibu hamil. Sampel yang diambil menggunakan teknik total sampling. Pengolahan data menggunakan data sekunder dengan distribusi frekuensi pada analisis univariat, dan uji chi square pada analisis bivariat.

Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan ada hubungan antara umur dengan hipertensi pada ibu hamil (ρ =0,001), ada hubungan antara paritas dengan hipertensi pada ibu hamil (ρ = 0,033), dan ada hubungan antara riwayat persalinan dengan hipertensi pada ibu hamil (ρ = 0,000).

Saran yang diajukan bagi Institusi Pendidikan agar menambah literatur mengenai hipertensi kehamilan, bagi Lahan Penelitian agar meningkatkan rangka deteksi dini pencegahan terjadinya penyakit hipertensi, bagi Masyarakat agar khususnya ibuu hamil agar melakukan kunjungan kehamilan secara lengkap agar tekanan darah yang beresiko terhadap hipertensi dapat dideteksi secara dini.

Search Google Tags: ,

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar