HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN BIDAN DESA DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN REGISTER KOHORT IBU HAMIL DAN BAYI

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA

Karya Tulis Ilmiah,   September 2011

Elisa Nurmalia
NIM. B.08.043

ABSTRAK

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN BIDAN DESA DALAM PENCATATAN DAN PELAPORAN REGISTER KOHORT IBU HAMIL DAN BAYI DI UPTD PUSKESMAS TALAGA TAHUN 2011

xiii + 5 bab + 56 halaman +  8 tabel + 2 diagram + 10 lampiran

Kepatuhan bidan desa yang dilakukan untuk menilai keberhasilan program merupakan komponen penting untuk memantau kesehatan ibu hamil dan Balita yang salah satunya melalui pencatatan dan pelaporan. Kepatuhan bidan pada pencatatan dan pelaporan salah satunya berkaitan erat dengan pengetahuan  dan sikap bidan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan bidan desa dalam pencatatan dan pelaporan register kohort ibu hamil dan bayi di UPTD Puskesmas Talaga tahun 2011.
Metode penelitian menggunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 16 bidan desa melalui teknik total sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder  diolah dengan analisis univariat dan bivariat.
Hasil penelitian diperoleh bahwa kepatuhan bidan desa dalam pencatatan dan pelaporan register kohortibu hamil dan bayi (81,3%) kategori patuh, pengetahuan (62,5%) kategori baik, sikap (68,8%) kategori baik dan ditemukan ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan bidan desa dalam pencatatan dan pelaporan register kohort ibu hamil dan bayi (p=0,036) dan ada hubungan antara sikap dengan kepatuhan bidan desa dalam pencatatan dan pelaporan register kohort ibu hamil dan bayi (p=0,018).
Saran yang diajukan diantaranya agar pihak Puskesmas dapat meningkatkan kerjasama dengan bidan-bidan desa dalam pencatatan dan pelaporan register kohort terbaru dan bidan desa dapat meningkatkan sumberdaya bidan melalui pemberian konseling, aktif mengikuti mengikuti pelatihan-pelatihan manajemen pelaporan kebidanan yang menunjang pencatatan dan pelaporan bidan secara komprehensif dan profesional.

Kata Kunci   : Pengetahuan, Sikap, kepatuhan Bidan
Kepustakaan : 29 Sumber (2003 – 2010)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar