HUBUNGAN DUKUNGAN BIDAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI UPTD PUSKESMAS CINGAMBUL KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2011

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA

Karya Tulis Ilmiah,   September 2011

Dewi Lestari Rahayu Suparman
NIM.B.08.023

ABSTRAK

HUBUNGAN DUKUNGAN BIDAN DENGAN PELAKSANAAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI UPTD PUSKESMAS CINGAMBUL KABUPATEN MAJALENGKA
TAHUN 2011

xiii + 5 bab + 46 halaman +  10 tabel + 2 diagram + 8 lampiran

Pemberian ASI Eksklusif penting diberikan kepada bayi sebagai kekebalan dalam upaya mencegah penyakit. Pada pelaksanaannya diperlukan adanya dukungan bidan terhadap ibu bayi, sehingga pemberian ASI Eksklusif dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan bidan dengan pelaksanaan pemberian ASI Eksklusif di UPTD Puskesmas Cingambul Kabupaten Majalengka tahun 2011
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 1040 orang dengan sampel sebanyak 91 ibu bayi usia 7 – 24 bulan yang diambil melalui teknik Proporsional random sampling. Pengolahan data menggunakan data primer yang dilakukan dengan uji chi square pada teknik analisis univariat dan bivariat.
Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji Chi Square didapatkan bahwa pelaksanaan pemberian ASI Eksklusif (75,8%), dukungan bidan (69,2%) dan ditemukan ada hubungan antara dukungan bidan dengan pelaksanaan pemberian ASI Eksklusif (p value= 0,012).
Saran yang diajukan pada penelitian ini diantaranya bagi pihak puskesmas dapat meningkatkan kualitas pelayanan KIA terutama dalam memberikan dukungan ibu bayi dalam pelaksanaan pemberian ASI  Eksklusif dan bagi ibu bayi agar aktif dalam melakukan kunjungan neonatus guna mendapatkan informasi mengenai pentingnya pemberian ASI Eksklusif kepada bayi.

Kata Kunci   : Dukungan Bidan, Pelaksanaan Pemberian ASI Eksklusif
Kepustakaan : 20 Sumber (2000 – 2010)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar