HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI KEHAMILAN

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA

Karya Tulis Ilmiah,   September 2011

Dian Dwianti
NIM.B.08.025

ABSTRAK

HUBUNGAN KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI KEHAMILAN DI UPTD PUSKESMAS CIKIJING KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2011

xiii + 5 bab + 55 halaman +  3 tabel + 2 diagram + 8 lampiran

Pengetahuan ibu hamil tentang hipertensi merupakan hal penting untuk menghindari resiko hipertensi yang dapat menyebabkan kematian maternal. Hasil pendahuluan di UPTD Puskesmas Cikijing diperoleh hanya sebesar 65% ibu hamil yang mengetahui tentang hipertensi pada kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik ibu hamil dengan pengetahuan hipertensi kehamilan di UPTD Puskesmas Cikijing Kabupaten Majalengka tahun 2011.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 132 ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di UPTD Puskesmas Cikijing bulan April sampai Juni tahun 2011 melalui teknik total sampling. Data yang digunakan adalah data primer melalui analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi square α 0,05.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan hipertensi kehamilan ibu hamil yang rendah (28,8%) dan tinggi (71,2%). Karakteristik ibu menurut umur (37,1%) pada umur < 20 dan > 35 tahun, paritas (47,7%) primipara, riwayat hipertensi (25,0%) ada riwayat hipertensi dan ditemukan ada hubungan antara umur ibu hamil (p 0,032 OR 95% CI 2,490), paritas (p 0,039 OR 95% CI 2,418), riwayat hipertensi (p 0,026 OR 95% CI 1,754) dengan pengetahuan hipertensi kehamilan
Saran yang diajukan diantaranya bagi pendidikan agar menambah kepustakaan mengenai hipertensi kehamilan sebagai acuan  pembelajaran, bagi pihak Puskesmas agar dapat meningkatkan pelayanan pemeriksaan kehamilan sebagai deteksi dini resiko hipertensi, meningkatkan program keluarga berencana, memberikan penyuluhan dan melakukan pemeriksaan dan pengobatan hipertensi untuk menghindari kejadian hipertensi dan bagi peneliti agar mengembangkan hasil penelitian ini secara teori dan menerapkannya di lapangan secara praktek.

Kata Kunci   : Pengetahuan, Hipertensi Kehamilan
Kepustakaan : 35 Sumber (2000 – 2010)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar