HUBUNGAN KARAKTERISTIK BIDAN DENGAN CAKUPAN LINAKES

Bookmark and Share

PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
STIKES YPIB MAJALENGKA

Karya Tulis Ilmiah,   September  2011

Edah Zubaedah
B.08.037
ABSTRAK

HUBUNGAN KARAKTERISTIK BIDAN DENGAN CAKUPAN LINAKES DI KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN 2009

xiii + 5 bab + 52 halaman +  11 tabel + 2 diagram + 4 lampiran

Cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan di Kabupaten Majalengka sebesar 94,678%, tetapi masih ada sebagian cakupan linakes di Puskesmas sebesar 50% belum memenuhi target (< 90%). Tinggi rendahnya cakupan linakes tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai karakteristik bidan diantaranya umur, kompetensi  dan tempat tinggal bidan.  
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik bidan dengan cakupan linakes di Kabupaten Majalengka tahun 2009.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 328 responden melalui teknik total sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder melalui analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi square dengan α 0,05.
Hasil penelitian diperoleh bahwa cakupan linakes sebesar 47,6% kategori kurang, dengan karakteristik umur bidan (95,4%) dewasa awal, kompetensi bidan (70,7%) belum APN, tempat tinggal bidan (11,9%) terpencil dan ditemukan ada hubungan antara umur bidan  dengan cakupan linakes (p 0,034), tidak ada hubungan antara kompetensi bidan dengan cakupan linakes (p 0,276) dan tidak ada hubungan antara tempat tinggal bidan dengan cakupan linakes (p 0,866).
Saran pada penelitian ini diantaranya agar bidan dapat meningkatkan cakupan linakes kurang melalui promosi kesehatan, berperan secara aktif pada penyuluhan, melakukan akses komunikasi dengan dinas kesehatan, melakukan mitra kerja dengan dukun/paraji, meningkatkan komunikasi verbal terhadap klien, melakukan pelatihan APN sesuai standar dan melakukan pencatatan dan pelaporan di wilayah kerja.

Kata Kunci   : Cakupan Linakes, Umur, Kompetrensi, Tempat Tinggal Bidan
Kepustakaan : 27 Sumber (2000 – 2010)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar